Untuk memenuhi tugas matakuliah Pengantar Teknologi Game ( Softskill ), saya akan menjelaskan mengenai Decision Making pada game. Dimana saya menggunakan berbagai sumber untuk melakukan penulisan ini. Sebelum saya menjelaskan lebih jauh mengenai Decision Making pada game, kita harus tau terlebih dahulu apa itu teori decision atau Decision Theory ?
DECISION THEORY
Pengertian decision theory yang saya simpulkan dari sumber bahwa suatu pembuat keputusan akan memiliki beberapa tindakan alternative untuk menghadapi beberapa kemungkinan kejadian yang terjadi dimasa yang akan datang.
DECISION MAKING GAME
Pengertian decision making yaitu suatu pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Decision making game merupakan suatu pemecahan masalah dalam pembuatan permainan dan menentukan solusi dari suatu masalah tersebut.
SITUASI DECISION MAKING
Decision Making bisa terjadi apabila mengalam 3 situasi diantaranya :
- Decision making under certainty. Misal: Linear Programming
- Decision making under risk (uncertainty). Misal: Maximax, maximin, dll.
- Decision making in conflict. Dengan Game Theory
Sebelum pembuatan game diperlukan suatu perancangan untuk menentukan game apa yang akan dibuat sesuai dengan keperluan masyarakat. Permainan yang baik adalah permainan yang memiliki kegunaan dan dapat mempengaruhi pemain menjadi lebih baik dan nyaman dengan game tersebut..
- Teori Rasional Komprehensif :
- Pembuat keputusan dihadapkan pada suatu masalah tertentu yang dapat dibedakan dari masalah-masalah lain atau setidaknya dinilai sebagai masalah-masakah yang dapat diperbandingkan satu sama lain.
- Tujuan-tujuan, nilai-nilai atau sasaran yang mempedomani pembuat keputusan amat jelas dan dapat ditetapkan rangkingnya sesuai dengan urutan kepentingannya.
- Berbagai alternative untuk memecahkan masalah
2. Teori Inkremental
3. Teori Pengamatan Terpadu (Mixed Scanning Theory)
Pendekatan Expected Monetary Value (EMV) Maksimum
qj = Kejadian y.a.d. ke-j
P(qj) = peluang terjadinya kejadian ke-j
V(ai, qj) = Hasil alternatif keputusan ke-i jika terjadi kejadian ke-j
N = Jumlah kejadian y.a.d. yang mungkin terjadi
Pendekatan Kriteria Minimum Kerugian Karen Tidal Pilih Terbaik
OL = beda hasil optimal dan sebenarnya untuk kejadiannya tertentu R(ai,0j) = V*(0j) – V(ai,0j)
R(ai,0j) = Opportunity loss alternatif keputusan ai karena kejadian 0j
V*(0j) = Hasil terbaik untuk kejadian 0j
V(ai,0j) = Hasil sebenarnya alternatif keputusan ai dan kejadian 0
Pendekatan Jika Peluang Tidak Diketahui (Tidak Diduga)
- Kriteria MAXIMAX : agresif atau optimistic ->a2
- Kriteria MAXIMIN : konservatif atau pesimis ->a3
- Kriteria REALISME: kompromi antara kriteria Maximax & Maximin
- Kriteria Equally Likely (Laplace)
- Kriteria MINIMAX: minimum dari maksimum
- Opportunity Los -> a2
Sequential Decision Tree
Digunakan jika suatu keputusan melibatkan sederetan keputusan.
Misal : Suatu perusahaan tekstil mempertimbangkkan 2 alternatif keputusam :
- Mengembangkan operasi produksi atau
- Membeli tanah untuk membangun pabrik baru pada waktu y.a.d.
Teori Permainan & Keputusan Strategis
Teori permainan dan Keputusan Strategis terbagi ada 2 kelompok diantaranya :
- Permainan Kooperatif (Binding contracts is possible). Contoh : Penjual dan pembeli menegosiasi harga barang/jasa; atau kerja sama 2 perusahaan ( mis. Sony dan Erricson )
- Permainan Noncooperative. Contoh: 2 Pedagang HP bersaing dlm harga & iklan utk dpt pangsa pasar; Pelelangan
Permainan & Keputusan Strategis
“Jika saya percaya bahwa pesaing saya rasional dan bertindak untukmemaksimumkan hasil, maka bagaimana seharusnya saya memperhitungkan perilaku pesaing ketika membuat keputusan saya?”
“Desain strategi berdasarkan pemahaman pandangan lawan (rational), dan menyimpulkan bagaimana responsnya terhadap tindakan Anda”
Permainan terbagi atas 2 klasifikasi diantaranya :
- Permainan dengan strategi dominan
- Permainan tanpa strategi dominan
Demikian postingan saya mengenai Decision Making pada Game. Kritik dan saran pembaca merupakan perbaikan yang bagus untuk saya
Sumber ;
https://bbjuanda.files.wordpress.com/2010/10/bab-11_12-decision_game1.pdf